KPU Gresik: Kampanye Tak Boleh Sembarangan

0
486 views

BeritaGresik.com – Memasuki masa kampanye mulai 27 Agustus hingga 5 Desember 2015, KPU Gresik mengingatkan kepada pasangan calon agar tak melakukan kampanye sembarangan. Pasalnya, untuk kampanye saat ini diatur langsung oleh KPU bersama Tim Paslon melalui Rapat Koordinasi kampanye.

“Masalah tersebut harus dikoordinasikan dengan KPU Kabupaten Gresik, masing-masing pasangan calon tidak boleh jalan sendiri, termasuk dalam memasang alat peraga kampanye di tempat umum,” kata Ketua KPU Gresik Akhmad Roni, Sabtu (29/8).

Karena itu, Roni berjanji akan mengawal setiap bentuk kampanye tersebut, sebab ada beberapa larangan seperti mencetak dan menyebarkan bahan kampanye secara sendiri, atau memasang alat peraga di tempat-tempat tertentu maupun media massa.

Roni menjelaskan, bahwa saat ini ada dua mekanisme pelaksanaan kampanye. Kedua model kampanye  tersebut adalah kampanye yang dimotori oleh KPU dan kampanye yang dilakukan masing-masing pasangan calon.

Untuk kampanye yang dimotori KPU berbentuk debat terbuka yang diselenggarakan di televisi, ditambah pemasangan alat peraga di sejumlah media massa. “Bisa cetak atau elektronik, yang sumber dananya dibiayai dari APBD Kabupaten Gresik tahun 2015,” terang Roni.

Sedangkan kampanye yang dilakukan masing-masing calon seperti rapat terbatas, yakni pertemuan tatap muka dengan masyarakat. Terkait rapat umum, masing-masing pasangan hanya diberi kesempatan satu kali dengan mendatangkan juru kampanye dan dilakukan secara terbuka.

“Kalau seperti jalan sehat, peringatan HUT boleh-boleh saja, sebab pada dasarnya KPU juga mendorong pasangan calon untuk bisa bertemu langsung dengan masyarakat,” katanya. [ant/wan]