Persatuan Saudagar Bawean Gelar Kongres Pertama

0
696 views
Kongres Persatuan Saudagar Bawean (PSB) I di Surabaya, Minggu (29/5/2016).
Kongres Persatuan Saudagar Bawean (PSB) I di Surabaya, Minggu (29/5/2016).

BeritaGresik.com – Gagasan pembentukan Perkumpulan Saudagar Bawean (PSB) salah satunya dilatar belakangi banyaknya warga Bawean yang bergelut di sektor usaha, utamanya mereka yang tinggal di perantauan.

“Perkumpulan ini dibentuk untuk memperkuat sinergi dan mendukung kemajuan usaha warga Bawean dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian bangsa,” kata Yahya Zaini, salah satu tokoh penggagas berdirinya PSB.

PSB resmi dideklarasikan pada 8 Agustus 2015 di Gedung DPRD Kabupaten Gresik. Lewat tim 11, ditunjuk Ir. Asy’ari. MM sebagai Ketua PSB sementara (karateker) serta M Yahya Zaini dan Samwil sebagai Dewan Penasehat.

Minggu (29/5/2016), bertempat di Dyandra Convention Center di Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Jawa Timur, PSB menggelar kongres pertama. Kegiatan ini dihadiri para saudagar Bawean dari barbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Ketua Panitia Kongres I PSB Ahsanul Yakin mengatakan, pelaksanaan kongres diawali dengan kegiatan seminar bertajuk “Pengembangan Wisata Bahari Indonesia Untuk Kemajuan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat”.

“Tema seminar inu sejalan dengan upaya pengembangan Pulau Bawean sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Kita tahu Pulau Bawean memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat Bawean,” kata Yakin.

Seminar Nasional dan Kongres I PSB ini akan dihadiri sekitar 300 peserta. Kemudian, Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, serta Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Kegiatan seminar ini mengundang sejumlah nara sumber berkompeten, di antaranya Deputi Menko Maritim dan Sumber Daya Manusia Bidang, Iptek dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin, Guru Besar ITS Daniel M. Rarsyid dan sejumlah nara sumber lainnya. (as)