Perpanjangan Landasan Pacu Bandara Bawean Ditargetkan Selesai 2017

0
571 views
Bandara Harun Thohir Bawean.
Bandara Harun Thohir Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Perpanjangan landasan pacu di Bandara Harun Thohir di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, ditargetkan selesai pada 2017. Dengan begitu, rencana penggunaan pesawat terbang berpenumpang lebih dari 50 penumpang sudah dapat direalisasikan.

“Targetnya tahun depan selesai dan siap dioperasikan,” kata Wakil Bupati Gresik Moch. Qosim di sela Seminar Wisata Bahari Indonesia dan Kongres Persatuan Saudagar Bawean (PSB) di Gedung Dyandra Surabaya, Minggu (29/5/2016).

Menurut Qosim, saat ini perkembangan proses perpanjangan landasan pacu sudah dalam tahap pembebasan lahan. Lalu biaya untuk itu dikeluarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gresik telah disetujui.

Saat ini panjang landasan pacu Bandara Harun Thohir di Pulau Bawean hanya sekitar 900 meter. Ke depan, panjang landasan pacu akan ditambah hingga mencapai 1,5 kilometer.

“Kalau sudah diperpanjang maka pesawat terbang berpenumpang lebih dari 50 orang bisa mendarat di sana, dan itu akan sangat membantu,” ujarnya.

Sejak dibuka oleh Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan pada akhir Januari 2016, penerbangan rute Surabaya-Bawean dan sebaliknya hanya dua kali sepekan dengan pesawat jenis “air fast” berpenumpang tidak lebih dari 15 orang.

Wabup mengakui saat ini permintaan tiket pesawat ke Pulau Bawean sangat tinggi. Untuk itu, Pemkab Gresik dikatakan telah mengajukan izin ke Kementerian Perhubungan agar penerbangan dilakukan tiga kali sepekan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Persatuan Saudagar Bawean, Yahya Zaini, mendukung rencana pengembangan insfrastruktur di Pulau Bawean, karena dipastikan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Pesawat terbang menjadi salah satu alat transportasi paling mendukung sehingga harus ada pembenahan dari yang ada sekarang,” imbuhnya. (as/ant)