RS Umar Mas’ud Bawean Tak Kunjung Beroperasi, Sampai Kapan?

0
422 views
Bupati Gresik, Sambari ketika teken prasasti RS Umar Mas'ud Bawean. (Bangsa Online)
Bupati Gresik, Sambari ketika teken prasasti RS Umar Mas’ud Bawean 15 Desember 2014 silam. (Bangsa Online)

BeritaGresik.com – Desember 2014 Rumah Sakit Umar Mas’ud di Bawean, Gresik, telah rampung dibangun dan diresmikan. Namun, sudah dua tahun berselang belum ada tanda-tanda kapan rumah sakit tersebut akan dioperasikan.

Sementara ini, bangunan megah yang menelan biaya sebesar Rp 25,5 miliar itu ditempati Puskesmas Sangkapura. Sehingga peralatan medis dan tenaga dokter yang ada masih sangat terbatas layaknya puskesmas pada umumnya.

Kepala Puskesmas Sangkapura DR. Tony S. Hartanto mengaku tidak tahu kapan RS Umar Mas’ud akan beroperasi. Sejauh ini Tony mengaku belum memperoleh informasi terkait hal itu. Dia menolak berkomentar yang bukan wewenangnya.

“Puskesmas hanya menghuni sementara saja. Jadi, untuk masalah kapan rumah sakit ini bisa langsung ditanyakan ke Dinas Kesehatan Gresik atau Pemkab,” jawab Tony saat ditanya reporter beritabawean.com, Jumat (29/4/2016).

Mengenai banyaknya pasien di Bawean yang dirujuk ke Gresik daratan, menurut dia langkah itu merupakan satu-satunya cara yang harus ditempuh oleh puskesmas, karena minimnya fasilitas medis dan tenaga dokter Spesialis.

Untuk itu, Tony berharap rumah sakit Umar Mas’ud segera beroperasi, agar permasalahan kesehatan masyarakat dapat teratasi. “Memang itu yang harus kita tempuh. Kalau kita paksakan nanti bisa malpraktek,” imbuhnya. (gfr)