Waspada Calo, Ini Harga Resmi Tiket Pesawat ke Bawean

Foto: BG/Mufid

Foto: BG/Mufid

BeritaGresik.com – Bandar Udara Harun Tohir, Bawean, Gresik sudah melayani penerbangan rute Surabaya-Bawean sejak Kamis, (28/1/2016). Namun, pembelian tiket pesawat tidak bisa dilakukan lewat online layaknya penerbangan komersial pada umumnya.

Untuk memperoleh tiket, para calon penumpang harus menghubungi agen tiket yang sudah ditunjuk PT Airfast Indonesia selaku operator penyedia pesawat. Hal itu sangat rentan praktik calo, apalagi kapasitas penumpang sangat terbatas, hanya bisa untuk 15 orang.

Karena itu, sebelum membeli tiket calon penumpang harus memastikan sudah menghubungi agen resmi. Selain itu, calon penumpang juga harus terlebih dulu mengetahui harga tiket pesawat untuk penerbangan bersubsidi ini.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 194 Tahun 2015 tentang tarif angkutan udara perintis tahun 2016, tarif penerbangan dari Surabaya ke Pulau Bawean ditetapkan sebesar Rp 302.200.

“Sementara untuk penerbangan sebaliknya dari Bawean menuju Surabaya, ditetapkan sebesar Rp244.200,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub JA Barata kepada BeritaGresik.com, lewat telepon selulernya, Jumat (29/1/2016).

Pesawat perintis itu akan dioperasikan oleh maskapai penerbangan Airfast Indonesia setiap hari Selasa dan Kamis. Selain itu, Airfast Indonesia juga melayani rute perintis Sumenep-Surabaya, Surabaya-Karimun Jawa dan rute perintis Karimun Jawa-Semarang.

“Penerbangan perintis ini hadir untuk melayani masyarakat di daerah terpencil dan belum berkembang,” kata Barata. (wan)

No Response