Mahasiswa Tolak Pembangunan Gedung DPRD Gresik

0
625 views
Foto: BG/Wan
Foto: BG/Wan

BeritaGresik.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), berunjuk rasa di Kantor DPRD Gresik, Senin (28/12/2015). Mahasiswa menolak rencana┬ápembangunan Gedung DPRD Gresik yang menelan anggaran Rp 50 miliar.

Dalam aksinya, mahasiswa meminta anggota DPRD Gresik menghentikan pembangunan gedung baru, karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan biaya pendidikan dan kesehatan.

Mereka membentangkan poster yang bertuliskan ‘Gresik Tidak Butuh Gedung DPRD yang Baru’, ‘Tolak Pembangunan Gedung Baru DPRD Gresik’. Mahasiswa sempat menyandera salah satu mobil dinas Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Qolib.

Foto: BG/Wan
Foto: BG/Wan

Selain itu, mahasiswa juga sempat merangsek masuk gedung DPRD Gresik untuk meminta Ketua DPRD Gresik, Abdul Hamid keluar. Namun, aksi tersebut tidak berlanjut lama setelah mereka berorasi selama satu jam.

Korlap aksi mahasiswa PMII Gresik, Haris S.F menuturkan, aksi unjuk rasa yang dilakukan ini semata menolak anggaran APBD yang dialokasikan buat pembangunan gedung baru. Padahal, gedung DPRD Gresik yang lama masih layak pakai.

“Ini sama saja menghambur-hamburkan uang rakyat mengingat masih banyak sektor lain yang membutuhkan anggaran. Misalnya, pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Foto: BG/Wan
Foto: BG/Wan

Dalam aksinya, mahasiswa juga menolak beraundensi dengan Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Qolib. Mereka tetap bersikukuh ingin beraudensi dengan Ketua DPRD Gresik, Abdul Hamid yang kebetulan sedang tidak ada di tempat.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Qolib saat dikonfirmasi mengatakan, mahasiswa memang tidak mau aspirasi yang disampaikan melalui wakil ketua. Padahal, dalam aturannya diatur kolektif kolegial. Dimana, ketua yang berhalangan hadir bisa diwakilkan ke wakil ketua.

“Selama aspirasi yang disampaikan tidak mengganggu ketertiban umum biar aparat kepolisian yang menangani. Meskipun saya sudah menawarkan diri menjadi mediator aspirasi keinginan mahasiswa terkait pembangunan gedung baru DPRD Gresik,” pungkasnya.(wan)