Anggota MPR Tekankan Pembangunan Karakter Bangsa

0
283 views

Jazilul Fawaid-Sosialisasi Empat Pilar

BeritaGresik.com – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Jazilul Fawaid mengatakan pembangunan negara tidak bisa dicapai tanpa kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Karena itu, dia menekankan agar kemajuan Indonesi dibarengi dengan pembangunan karakter bangsa.

Program pembangunan yang sedang dijalankan pemerintah saat ini mesti dibarengi dengan pembangunan karakter kebangsaan. Sebab, kemajuan Indonesia tidak bisa dicapai tanpa pambangunan SDM,” kata Jazilul dalam seminar Empat Pilar Kebangsaan di Kantor PCNU Bawean, Rabu (28/10/2015).

Menurut Sekretaris Fraksi PKB di DPR ini, karakter kebangsaan dapat dibangun melalui penerapan pemahaman Empat Pilar Kebangsaan. Pemahaman itu merupakan wujud membangun karakter manusia Indonesia yang mengimplementasikan nilai-nilai ke-Indonesian.

“Sebab menerapkan empat pilar, yakni Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, berarti mewujudkan jati diri bangsa,” ungkapnya.

Masyarakat diyakini akan hidup rukun dan damai jika mengimplemtasi nilai-nilai empat pilar kebangsaan. Sebab, empat pilar mengajarkan sikap toleran, saling menghargai dan tunduk pada hukum sehingga memunculkan persatuan dan kesatuan di masyarakat.

Dalam forum sosialisasi yang dihadiri sekitar 150 orang peserta ini, Jazilul juga menyinggung beberapa kasus kekerasan yang pernah terjadi di Aceh dan Papua. Peristiwa itu menurut dia seharusnya tidak terjadi jika sikap tolerensi dijunjung tinggi.

Karena itu, Jazilul mengajak masyarakat mendukung program-program pemerintah agar proses pembangunan berjalan dengan baik. “Kita percaya, saat ini pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur diberbagai daerah. Ini mesti kita dukung bersama,” pungkasnya. [zr]