Pemkab Gresik Siap Penuhi 20% RTH

0
545 views
Kantor Bupati Gresik. (Foto: BG/As)
Kantor Bupati Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik berencana menyiapkan pemenuhan ruang terbuka hijau (RTH) sebesar 20%. Saat ini Pemkab Gresik baru bisa memenuhi 15% RTH.

“Memang, sesuai ketentuan yang ada harus ada 20% RTH, namun Gresik belum mencapai ketentuan tersebut. Jadi kami sedang berupaya memenuhinya,” kata Kepala Bappeda Gresik Tugas Husni Syarwanto di Gresik, Kamis (28/7/2016).

Untuk memenuhi ketentuan itu, Bappeda Gresik dikatakan tengah mencari cara dengan mengincar lahan yang berada di kecamatan lain, khususnya lahan yang berstatus milik Pemkab Gresik.

Menurut Tugas, Pemkab Gresik sudah tidak memungkinkan lagi mengandalkan tanah di wilayah kota. “Karena itulah, cara yang paling mungkin dilakukan adalah mencari lahan di wilayah kecamatan lain,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Tugas, pihakbya diakui sedang bekerja sama dengan DPRD Kabupaten Gresik untuk menginventarisir lahan yang berstatus aset pemerintah.

“Sudah ada sejumlah lokasi yang menjadi incaran, termasuk lahan di dekat Pasar Menganti dan sejumlah lahan di lokasi lain yang selama ini tidak digunakan atau belum dimanfaatkan,” jelsnya

Ketua Komisi C DPRD Gresik M Syafi’ AM mengakui jika saat ini pihaknya sudah berkordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk menginventarisir lahan milik Pemkab Gresik.

“Asalkan semua mempunyai komitmen, kami yakin target 20 persen RTH itu tidak lama lagi akan segera terwujud di Kabupaten Gresik,” tandasnya.

Dia menambahkan, dewan siap menganggarkan dana untuk pembangunan taman, dengan catatan pemkab harus menyiapkan lahannya, sebab pemenuhan RTH tidak perlu membeli lahan. (ant/as)