Perempatan Duduksampean Berpotensi Jadi Titik Macet

0
287 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresil.com – Sejumlah jalan di Gresik berpotensi menjadi titik macet saat mudik lebaran nanti. Salah satunya yakni jalan Nasional di Duduksampean, yang menghubungkan antar provinsi.

Jalan tersebut kerap menjadi langganan titik kemacetan setiap tahunnya. Selain karena terjadi penambahan volume kendaraan saat mudik, kemacetan juga disebabkan jalan yang kurang lebar.

Biasanya, titik kemacetan itu terjadi di perempatan Duduksampean yang terdapat crosing road atau pertemuan jalan empat arah. Pemerintah sudah memberi upaya dengan pelebaran jalan guna mengantisipasi kemacetan dititik tersebut.

Namun demikian, upaya itu belum dapat membantu kelancaran sekaligus mengurai permasalahan. Pasalnya upaya pelebaran jalan masih terbentur dengan masalah pembebasan lahan milik warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Gresik yang sekaligus Plt Sekertaris Daerah, Bambang Isdianto mengatakan, proyek pembebasan lahan terkendala mahalnya appreisal atau harga pasaran tanah.

Menurut dia, beberapa pemilik rumah meminta harga untuk pembebasan bangunan yang terbilang tidak masuk akal. Hingga dimungkinkan adanya konsinyasi dengan pihak Bank.

“Sebenarnya hanya tinggal beberapa bangunan rumah saja, mereka meminta harga diatas ketentuan (appraisal),” terang Bambang Isdianto kepala DPU Kabupaten Gresik, Senin (27/6/2016).

Ia menambahkan, jika tahun ini belum bisa diupayakan terkait pembebasan, bisa jadi Balai Pekerjaan Nasional Propinsi yang menangani proyek menunggu appraisal tahun berikutnya.

“Sebenarnya kalau dihitung dari awal pembebasan lahan mulai masuk wilayah Duduksampean dan sampai ujung, sebenarnya sudah ada kalau 75 persen. Namun kita juga belum tahu sampai sebatas mana proyek tersebut,” imbuhnya. (wan)