Pasca Gas Bocor, Polisi Ambil Sampel Darah Warga Terdampak

0
234 views
Tim dokkes Polres Gresik ambil sampel warga terdampak gas bocor PT Petrokimia Gresik.
Tim dokkes Polres Gresik ambil sampel warga terdampak gas bocor PT Petrokimia Gresik.

BeritaGresik.com – Pipa pabrik PT Petrokimia Gresik yang sedang bocor, menimbulkan bau yang tidak sedap di ring satu pabrik. Terutama di Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Warga Desa Roomo pun sempat berkumpul di balai desa setempat, pada Sabtu (25/6/2016) petang, untuk bermediasi dengan pihak petinggi desa guna mencari asal-usul bau tak sedap yang sempat menyebar tersebut.

Berdasarkan rilis kepolisian, Imbas kejadian ini membuat 41 warga Desa Roomo harus dievakuasi dan mendapat perawatan di Rumah Sakit Petrokimia Gresik, lantaran mengalami ganguan sesak nafas dan muntah-muntah.

Bau tak sedap ini berasal dari senyawa SO2 (Sulfur Dioxide) yang merupakan senyawa dalam proses pembuatan pupuk PT. Petrokimia Gresik.

Menyikapi hal ini, tim Dokkes Polres Gresik dibawah pimpinan IPDA Syaroni sesegera bertindak atas perintah pimpinan menuju ke TKP radius bau tak sedap tersebut berasal, Sabtu (25/6/2016).

Saat itu, udah tercatat 41 korban yang dilarikan ke rumah sakit Petrokimia Gresik. Tidak hanya tim dokkes, anggota polres juga ikut mendampingi kegiatan tim Dokkes Polres Gresik.

Tindakan selanjutnya yang diambil adalah pengambilan sampel darah pasien yang ada di rumah sakit dan juga sampel darah pasien yang masih beristirahat di rumah untuk di cek di laboratorium dengan kerja sama Dit reskrim polda jatim.

Hal semacam ini adalah musibah dari perindustrian setempat. dalam hal ini diperlukan evakuasi dan kerjasama yang baik antara anggota polri, masyarakat, dan pihak yang terkait. (as)