Antisipasi Cuaca Buruk, Pemkab Gresik Surati DLU

0
631 views
Persatuan Saudagar Bawean (PSB) saat menemui Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. (Foto: BG/Wan)
Persatuan Saudagar Bawean (PSB) saat menemui Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Berbagai upaya ditempuh Pemerintah Kabupaten Gresik guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang kapal dan cuaca buruk saat puncak arus mudik Lebaran tahun ini, dari pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean.

Salah satunya dengan menyurati pihak PT Darma Lautan Utama (DLU) dan TNI AL. Hal itu diungkapkan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat menerima perwakilan Persatuan Saudagar Bawean (PSB) di Kantornya, Selasa (28/6/2016).

Rombongan perwakilan PSB yang saat itu menghadap Bupati Gresik, di antaranya Samwil, Kemas Ade, Abdul Hamed Syamsi, Zulfan dan Zulkarnaen.

Kepada perwakilan PSB, Bupati Sambari mengatakan, bahwa pihaknya sudah mempersiapkan kapal besar guna mengantisipasi cuaca ekstrim jika kapal penumpang yang ada saat ini yaitu Gili Iyang dan Express Bahari tak beroperasi.

“Kata Pak Bupati, Pemda sudah berkirim surat kepada DLU dan angkatan laut, jika kondisi cuaca tidak bersahabat, maka persiapannya kapal DLU dan kapal angkatan laut,” terang Hamed mengutip pernyataan Bupati Gresik, Sambari.

Terpisah, Kabid Laut Dishub Gresik Sukardi meyakini armada kapal yang beroperasi saat ini mampu melayani calon penumpung kapal jika tak ada perubahan cuaca. Apalagi kapal Bahari setiap hari berlayar PP hingga -1 lebaran.

“Persiapan sudah matang, Bahari PP terus, ditambah kapal Gili Iyang. Insyaallah kalau cuaca membaik semuanya akan lancar,” pungkasnya. (abr)