Gubernur Jatim Larang Mobil Dinas Dipakai Mudik

0
288 views

SURABAYA, BeritaGresik.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengeluarkan surat edaran terkait larangan kendaraan dinas digunakan untuk Mudik. Bagi pejabat atau PNS yang tetap bersikeras menggunakan mobil dinas untuk mudik, merekan akan diberikan sanksi tegas.

Menurut lelaki yang akrab dipanggil Pakde Karwo itu, instruksi ini mengikuti edaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melarang penggunaan kendaraan dinas di internal KPK untuk keperluan mudik. “Kami ikut KPK kalau dilarang ya dilarang,” kata Pakde Karwo, akhir pekan lalu.

Dia juga mengaku, sebelumnya sempat akan memperbolehkan menggunakan Mobdin untuk mudik. Hal itu mengacu pada kebijakkan Menpan-RB Yuddy Chrisnandi yang memperbolehkan PNS menggunakan kendaraan dinas untuk keperluan mudik lebaran.

Namun, KPK mengeluarkan larangan dan Provinsi Jawa Timur akhirnya mengikuti KPK. “Penggunaan mobil dinas dikhawatirkan masuk pertimbangan hukum korupsi, khususnya pasal gratifikasi karena menggunakan aset saat tidak berdinas,” jelasnya.

Seluruh kendaraan dinas akan diparkir di masing-masing kantor dinas selama libur lebaran. Pernyataan ini berlaku untuk SKPD di bawah lingkungan Pemprov Jatim. Sementara untuk Kabupaten/Kota lainnya silahkan mengeluarkan kebijakkan masing-masing.

“Larangan ini hanya berlaku untuk kendaraan dinas Pemprov, untuk kabupaten/kota silakan bupati/wali kota keluarkan kebijakan masing-masing,” tegasnya. [oke/as]