DPRD Gresik Akan Panggil Kadisdik Terkait Pungli

0
381 views

BeritaGresik.com – Anggota DPRD Kabupaten Gresik, Jawa Timur berencana memanggil Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) setempat untuk meminta perjelaskan terkait adanya laporan pungutan liar (pungli) di sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Gresik.

“Tentu kami tidak bisa diam. Kami akan jemput bola untuk memanggil Kadisdik maupun pihak-pihak terkait, karena ini tidak bisa dibiarkan, sebab orang tua siswa yang dirugikan,” kata Ketua Komisi D DPRD Gresik, Ruspandi Sunaryo di Gresik, Minggu (28/6).

Dia mengaku cukup prihatin dengan adanya laporan wali murid yang masih diminta membayar sejumlah uang oleh pihak sekolah. Padahal sebelumnya Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menegaskan melarang adanya pungutan dalam bentuk apa pun.

Sebelumnya, Kadisdik Gresik, Mahin, mengaku belum menerima laporan adanya dugaan pungutan liar di sejumlah sekolah yang ada di wilayah Gresik, meski beberapa wali kelas telah melaporkan masalah itu.

“Hingga kini memang saya tidak tahu kalau ada iuran daftar ulang di sejumlah sekolah negeri. Makanya, akan saya cek dulu ke beberapa Unit Pelaksana Tehnis (UPT),” kata Mahin.

Dia mengakui jika keberadaan pungutan pendidikan dalam bentuk apa pun telah dilarang oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto. Karena itu, Mahin masih berencana melakukan cek ke lapangan terkait adanya masalah tersebut. [ant/as]