512 Kafilah Ikut MTQ Tingkat Kabupaten Gresik

0
964 views
512 Kafilah Ikut MTQ Tingkat Kabupaten Gresik
Sebanyak 512 kafilah dari 18 Kecamatan ikut MTQ ke-27 tingkat Kabupaten Gresik di Pondok Pesantren Al Ibrohimi Manyar, Gresik.

BeritaGresik.com – Kecamatan Manyar menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-27 tingkat Kabupaten Gresik. Sebanyak 18 Kecamatan se-Kabupaten Gresik mengikuti MTQ yang dibuka pada Rabu malam (27/4/2016).

Kegiatan yang digelar dua tahun sekali ini diikuti sebanyak 512 kafilah. MTQ ini digelar sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan kedigdayaan Gresik sebagai juara umum dalam kancah MTQ di Tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Meski kita sudah berhasil meraih juara umum pada MTQ tingkat provinsi di Banyuwangi tahun 2015 lalu, tapi kita jangan lengah dan selalu memperbaiki prestasi,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra, Tursilowanto Hariogi.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Tursilo menekankan pentingnya terus berupaya meningkatkan prestasi, sebab kabupaten lain di Jawa Timur juga berupaya untuk menjadi yang terbaik di tingkat provinsi.

“Kita harus bertekad, agar juara umum MTQ tingkat Provinsi  Jawa Timur selanjutnya bisa kita raih. Kalau bisa harus kita tradisikan pada setiap MTQ tingkat provinsi kita selalu meraih juara umum,” ucapnya.

Beberapa cabang yang dipertandingkan, yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Fahmil Qur’an, Musabaqoh Sarhil QurKan, Musabaqoh Hifdhil Qur’an, Musabaqoh Tartil Qur’an, dan cabang Musabaqoh Makalah Ilmiah Qur’an.

“Kami melibatkan dewan hakim dan panitera yang diketuai oleh Harris Hasanudin untuk mengadakan penilaian,” ujar Kepala Bagian Kesra Pemkab Gresik, Kusaini, melalui kabag Humas Suyono.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari. Berbagai atraksi kesenian islami ditampilkan oleh kafilah dari masing-masing kecamatan. (wan)