Tiga Desa di Gresik Masih Terendam Banjir

0
723 views
Banjir di Desa Morowudi. (Foto: twitter @havidwidodo)
Banjir di Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, Gresik. (Foto: twitter @havidwidodo)

BeritaGresik.com – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Gresik hingga kini masih terendam banjir. Tiga desa itu yakni Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, Desa Dungus, Kecamatan Cerme dan Desa Gading Watu di Kecamatan Menganti.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik Abu Hassan, mengatakan ketinggian banjir di tiga desa tersebut bervariasi antara 20 centimeter hingga 40 centimeter. Banjir di sejumlah titik di wilayah Gresik sudah terjadi sejak Sabtu (27/2/2016).

Dia menjelaskan, banjir yang terjadi di Desa Morowudi merendam sebanyak 50 rumah dengan ketinggian air 40 centimeter, serta akses Jalan Morowudi Cerme sepanjang 1,5 kilometer dengan ketinggian air mencapai 60 centimeter.

Kemudian di Desa Dungus, banjir telah merendam 30 rumah dengan ketinggian air 20 centimeter. Selain itu, banjir juga menggenangi jalan poros desa dengan ketinggian air mencapai 40 centimeter, serta areal persawahan dan tambak.

Sedangkan di Desa Gading Watu, banjir telah merendam sebanyak 20 rumah dengan ketinggian air mencapai 40 centimeter. Tak hanya itu, persawahan seluas 30 hektare juga terdampak banjir dengan ketinggian srkitar 70 centimeter.

“Tiga desa itu merupakan langganan banjir, dan berasal dari luapan anak sungai Kali Lamong yang melintas di tiga desa itu. Ditambah adanya hujan lokal dengan intensitas tinggi sejak semalam membuat banjir di tiga desa tak surut-surut,” kata Abu, Minggu (28/2/2016).

Untuk itu, BPBD Gresik dikatakan telah berupaya terus koordinasi dengan pemerintah desa dan masyarakat yang terdampak. Pihaknya juga mendirikan tenda di titik-titik terdekat untuk pemantauan perkembangan banjir. (ant/wan)