2017, Landasan Pacu Bandara Bawean Diperpanjang

0
1,212 views
Bandara Harun Thohir di Pulau Bawean. (Foto: Dok. BG/Wan)
Bandara Harun Thohir di Pulau Bawean. (Foto: Dok. BG/Wan)

BeritaGresik.com – Bandara Harun Thohir Bawean sudah resmi beroperasi sejak 30 Januari 2016 yang lalu. Namun, keberadaan panjang landasan pacu (runway) sekitar 900 hanya bisa didarati pesawat dengan penumpang 15 orang.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana memperpanjang landasan pacu bandara yang terletak di Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak itu menjadi 1.600 meter. Dengan begitu, nantinya bisa didarati pesawat dengan jumlah penumpang yang lebih banyak.

Rencana itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur Wahid Wahyudi, dilansir bisnis.com, pada Minggu (28/2/2016). Menurut dia, pemanjangan landasan memungkinkan pesawat yang lebih besar bisa mendarat, sehingga menekan biaya transportasi.

“Kalau diperpanjang jadinya ATR berkapasitas 40-70 penumpang bisa beroperasi. Semakin besar pasawat yang landing, ongkosnya semakin murah,” terangnya.

Wahid menyatakan, gubernur Jawa Timur siap membantu dana pembebasan lahan untuk perpanjangan landasan pacu Bandara Bawean. Sementara menteri perhubungan, imbuhnya, siap merealisasikan pembangunannya pada 2017.

Bandara Harun Tohir resmi beroperasi sejak 30 Januari 2016. Tarif rute perintis  ini berdasarkan Permenhub No. 194/2015 senilai Rp302.200 untuk Juanda Surabaya-Harun Thohir Bawean. Adapun rute sebaliknya sekitar Rp244.200.

Sejak beroperasi animo konsumen tinggi. Itu terlihat dari penerbangan dua kali seminggu selalu penuh, bahkan antre. Karena itu, Pemetintah Provinsi Jatim mengusulkan untuk jadwal penerbangan ke Pulau Bawean ditambah menjadi tiga hari dalam sepekan. (bisnis.com/wan)