Luapan Bengawan Solo Rendam Beberapa Desa di Gresik

0
1,773 views
Jalan di Desa Bungah Kecamatan Bungah pagi ini tergenang banjir. (Foto: Gresik News/Twitter)
Jalan di Desa Bungah Kecamatan Bungah pagi ini tergenang banjir. (Foto: Gresik News/Twitter)

BeritaGresik.com – Luapan air sungai Bengawan Solo dilaporkan menggenangi ratusan rumah dan areal pertanian milik warga yang berada di sekitar daerah aliran sungai (DAS) sejak Sabtu (26/11) malam.

Selain Kabupaten Bojonegoro, luapan air sungai Bengawan Solo juga merendam rumah warga di beberapa wilayah di Kabupaten Gresik, seperti di Kecamatan Dukun, Bungah dan Kecamatan Manyar.

Beberapa desa yang terkena dampak luapan air subgai Bebgawan Solo di Kecamatan Dukun di antaranya, Desa Madumulyorejo, Dukuhkembar, Baron, Tubuwung, dan Desa Tiremenggal.

Sedangkan sejumlah desa yang terendam di Kecamatan Bungah meliputi Desa Bedanten, Desa Sungonlegowo, Desa Sukorejo dan Desa Bungah. Ketinggian air rata-rata mencapai antara 20-40 cm.

Kejadian ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik Abu Hasan. Menurut dia, luapan air dipicu curah hujan tinggi di daerah hulu sungai seperti di Bojonegoro

“Debit air sungai Bengawan Solo terus naik. Luapan sungai tersebut telah merendam beberapa desa,” kata Abu Hasan, seperti dikutip Bangsa Online, Minggu (27/11/2016).

Karena itu, Abu Hasan mengimbau kepada masyarakat agar waspada, serta terus memantau kondisi banjir di desa masing-masing. Warga juga diminta melapor perkembangan banjir. (bangsa online/zr)