KPU Gresik Gandeng KWG Sosialisasikan Pilkada di Lapas

0
503 views

KPU sosialisasikan Pilkada Gresik di Lapas

BeritaGresik.com – Berbagai upaya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Gresik 2015. Salah satunya yakni menggelar sosialisasi di Lapas kelas II B Gresik, Jumat (26/11/2015).

Sosialisasi Pilkada yang menargetkan seluruh warga binaan atau para tahanan di Lapas ini diselenggarakan oleh KPU Gresik bekerjasama dengan Komunitas Wartawan Gresik (KWG) yang saat ini dipimpin oleh Ika Hidayat.

“Target kita, semua warga binaan akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Gresik yang akan dihelat pada 9 Desember nanti,” ungkap Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Gresik, Makmun di Lapas Kelas II B Gresik, Jumat (27/11/2015).

Lebih lanjut Makmun menjelaskan, dalam sosialisasi ini pihaknya memberikan pengetahuan kepada warga binaan di Lapas terkait mekanisme pencoblosan. “Kita juga sudah memaparkan sejumlah visi misi dari setiap pasangan calon,” terangnya.

Untuk diketahui, di Lapas kelas IIB Gresik terdapat sebanyak 133 warga binaan yang punya hak pilih pada Pilkada. “Tapi ini bisa bertambah atau berkurang, karena ada warga binaan yang dalam beberapa hari ke depan akan menghirup udara bebas,” ucapnya.

KPU sosialisasikan Pilkada Gresik di Lapas 1

Sosialisasi ke lapas menjadi perhatian tersendiri bagi KPU, pasalnya selama ini tidak ada pasangan calon yang melakukan sosialisi ke warga binaan. “Maka dari itu, tugas KPU untuk mensosialisasikan pemilihan kepala daerah tersebut,” ucapnya.

Disamping menggelar sosialisasi pelaksanaan Pilkada, KPU Gresik juga memastikan akan ada TPS khusus di Lapas Gresik. “Akan kita dirikan TPS khusus di Lapas untuk menampung aspirasi warga binaan,” pungkas Makmun.

Dalam acara ini, KPU yang juga bekerjasama dengan Komunitas Wartawan Gresik (KWG) yang menjadi salah satu kontrol sosial masyarakat di dalam pesta demokrasi mendukung suksesnya pilkada serentak 2015. [wan]