Kemendes Imbau Dana Desa Untuk BUMDES

0
600 views
(Foto: Dok. BG)
(Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com –┬áKementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal mengimbau para kepala desa untuk memprioritaskan pengembangan badan usaha milik desa (BUMDes) sebagai upaya meningkatkan perekonomian desa.

“Dana desa jangan hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, namun juga untuk pengembangan ekonomi melalui badan usaha milik desa atau BUMDes,” kata Menteri Desa Eko Putro Sanjoyo, Senin (26/9/2016).

Dia mengatakan, hasil evaluasi secara nasional yang dilakukan di banyak daerah penerima, sebagian besar dana desa masih digunakan untuk membiayai infrastruktur jalan dan jembatan.

“Ke depan, jika urusan infrastruktur jalan dan jembatan sudah usai, semoga fokus pembangunan bisa digeser atau dialiharahkan ke pengembangan BUMDes,” ucapnya.

Eko memproyeksikan, pembentukan dan pengembangan BUMDes secara maksimal. Dengan begitu diharapkan mampu menambah pendapatan asli desa.

“Kalau desa hanya memfokuskan pada pembangunan infrastruktur, nantinya pemerintah desa akan sulit berkembang karena hanya menggantungkan sumber dananya ke pemerintah pusat,” ujarnya. (as)