19 WNI Korban Tragedi Mina Dimakamkan di Makkah

0
506 views

BeritaGresik.com – Sebanyak 19 jamaah haji asal Indonesia yang meninggal pada tragedi Mina akan dimakamkan di pemakaman umum Sharaya, Makkah. Pemakaman dilakukan setelah pengurusan administrasi oleh Maktab masing-masing selesai.

“Saat ini kami telah mengajukan surat pemakaman mereka ke Muassasah Asia Tenggara melalui Maktab,” kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah, Arsyad Hidayat, di Makkah, Arab Saudi, Minggu dini hari.

Dia menjelaskan, dalam waktu yang tidak terlalu lama, jenazah tersebut akan segera dimakamkan setelah proses identifikasi dan pengurusan administrasi oleh Maktab Selesai.

Sampai pukul 01.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 05.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) jumlah anggota jemaah asal Indonesia yang meninggal mencapai 19 orang. Lima orang tambahan baru diidentifikasi Sabtu malam di pemulasaran jenazah Al-Muashim, Makkah.

Jamaah meninggal pada tragedi Mina yang baru diidentifikasi sebagai berikut:

1. Nero Sahi Astro, kloter SUB 48 (Surabaya) nomor paspor B1225386

2. Rochmani Pawiroredjo Karsodikromo, kloter SUB 61 (Surabaya) nomor paspor B1045049

3. Siti Muanifah Zainudin Sahlan, kloter SUB 61 (Surabaya ) nomor paspor B1469941

4. Rasno Asyidik Kardan, kloter JKS 61 (Jakarta-Bekasi) nomor paspor B0745304

5. Sri Prabandari Markani, kloter SOC 62 (Solo) nomor paspor B0875692

“Tim kami sebenarnya dari kemarin sudah mengidentifikasi lima jenazah tersebut, namun karena belum ditemukan file dan data pendukung, maka belum berani kami umumkan,” katanya.

Data pendukung tersebut antara lain gelang jemaah haji yang berisi nama, nomor kloter, embarkasi, dan nomor paspor. Kemudian dokumen lainnya seperti dokumen administrasi perjalanan ibadah haji (DAPIH), yang biasanya ada di dalam tas anggota jemaah yang berwarna hijau tosca atau biru tua.

“Ketika terjadi peristiwa tersebut banyak identitas mereka yeng terlepas, meskipun ada sebagian (identitas) yang masih lengkap,” terang Arsyad. [as/ant]