Polwan Gresik Hijaukan Kawasan Pantai

0
622 views
Polwan beserta anggota Bhyangkari dan jajaran Polres Gresik tanam 1000 bibit mangrove di pantai Gresik. (Foto: Istimewa)
Polwan beserta anggota Bhayangkari dan jajaran Polres Gresik tanam 1000 bibit mangrove di pantai Gresik. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Polisi wanita (Polwan) beserta puluhan anggota Bhayangkari dan jajaran Polres Gresik menghijaukan pantai di Pelabuhan PT Semen Gresik dengan menanam 1.000 bibit mangrove, Sabtu (27/8/2016).

Aksi cinta lingkungan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Polwan dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) yang ke-64 Polres Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan mengatakan, kegiatan penanaman bibit mangrove dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menghijaukan Pantai Gresik. Kegiatan ini juga melibatkan warga setempat untuk menjaganya.

Kegiatan serupa juga ditekankan kepada jajara Polsek di wilayahnya masing-masing. “Nanti jajaran Polsek-polsek juga bisa ikut menanam bibit mangrove yang terkena abrasi,” kata Adex.

Pohon bakau merupakan jenis tanaman dengan sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat, sehingga dapat menangkap sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa air laut dari bagian daratan.

Proses itu juga menyebabkan air laut terjaga kebersihannya serta memelihara kehidupan padang lamun (seagrass) dan terumbu karang. Salah satu upaya alamiah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah abrasi di pantai. (as)