Menag Pastikan Seluruh Calon Haji 2015 Berangkat

0
542 views

BeritaGresik.com – Menteri Agama (Menag Lukman Hakim Saifudin memastikan seluruh calon jamaah haji yang masuk kuota keberangkat tahun ini bisa berangkat. Perubahan sistem diakui sebagai salah satu hambatan proses pengurusan visa calon jamaah.

“Proses pembuatan visa haji tahun ini memang lebih panjang dan membutuhkan waktu lama jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Menag di Malang, Kamis (27/8).

Menurut dia, mulai tahun ini proses pengurusan visa haji menggunakan sisten e-Hajj, sehingga diperlukan penyesuaian. Apalagi ini kali pertama menggunakan sistem tersebut.

Menag mengakui jika sistem baru (e-Hajj) tesrebut menjadi salah satu hambatan proses pengurusan visa haji. Selain memuat identitas, data calon haji juga meliputi data maskapai, hotel, katering, serta transportasi selama di Tanah Suci.

Hal itu yang memerlukan waktu lebih panjang. Meski begitu, Kemenag telah berupaya mempercepat penyelesaian 155.200 paspor yang harus diberikan visanya. Kemenag bahkan telah memperbantukan petugas di Kedutaan Besar Arab Saudi. [as]