197 Koperasi di Gresik dalam Kondisi Tidak Sehat

0
765 views
Pemberian penghargaan pada peringatan Hari Koperasi ke-69 di Sedayu, Gresik. (Foto: Istimewah)
Pemberian penghargaan pada peringatan Hari Koperasi ke-69 di Sedayu, Gresik. (Foto: Istimewah)

BeritaGresik.com – Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim mengusulkan agar koperasi yang tidak sehat dan cenderung merugi ditutup saja. Setidaknya ada 197 dari 1332 koperasi yang ada di Gresik tidak aktif.

Pernyataan ini disampaikan Wabup Qosim menanggapi laporan Kepala Dinas Koperasi IKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik M. Najikh dalam acara Hari Koperasi ke-69 di GOR Sedayu, Rabu (27/7/2016).

“Tolong semua database koperasi yang ada ini dibenahi agar lebih akurat. Meski secara kuantitas berkurang, namun secara kualitas koperasi di Gresik lebih baik. Sehingga dapat memberi manfaat terhadap hajat hidup orang banyak,” ucapnya.

Dia berharap para pengurus koperasi yang ada di Gresik diberi kesabaran dan kejujuran dalam mengelola koperasi. Dengan begitu, koperasi diyakini dapat menjadi penopang ekonomi rakyat.

Qosim juga memberikan apresiasi kepada Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) yang selama ini banyak berjasa falam mengharumkan nama baik koperasi Gresik di tingkat International.

“Tolong pak Edy Kartika agar menularkan penataan manajemen kepada semua koperasi yang ada di Gresik,” pinta Wabup kepada Ketua KWSG yang juga hadir pada resepsi tersebut.

Kepala Dinas Koperindag UKM Gresik, M. Najikh menjelaskan, omzet Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Koperasi di Gresik dalam setahun mencapai Rp8 triliun.

“Jumlah ini telah menyumbangkan sekitar 15% pada Produk Domestik regional Bruto (PDRB) Gresik. Tentu saja kalau pembinaan kami berhasil, maka peran Koperasi dan UKM di Gresik bisa lebih baik,” ujar Najikh. (as)