Minim Fasilitas, Dua Pasien RS Umar Mas’ud Dilayarkan ke Gresik

0
697 views
Dua pasien terpaksa ditempatkan di lantai kapal karena tak ada ruang khusus pasien. (Foto: BG/Amn)
Dua pasien terpaksa ditempatkan di lantai kapal Bahari Ekspres karena tak ada ruang khusus pasien. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Dua orang pasien Rumah Sakit Umar Mas’ud Sangkapura Pulau Bawean harus dilayarkan ke Gresik, Rabu (27/4/2016). Pasien tersebut sedang hamil tua serta seorang pasien lainnya tengah mengalami patah tulang.

Tindakan itu terpaksa dilakukan karena terbatasnya fasilitas peralatan medis yang dimiliki RS yang ada di Bawean. Karena itu, kedua pasien itu akhirnya dilayarkan ke Gresik untuk dirujuk ke rumah sakit yang lebih memadai.

Selain minim fasilitas, penanganan atau tindakan medis terhadap pasien di Rumah Sakit Umar Mas’ud kerap terkendala minimnya tenaga dokter spesialis. Untuk itu, Pemkab Gresik dirasa perlu menambah fasilitas di sana.

Kedua pasien itu dilayarkan ke Gresik dengan menumpang kapal laut Bahari Ekspres. Mereka ditempatkan di lantai dengan menggunakan alas seadanya, karena kapal Bahari tidak menyediakan ruang khusus bagi penumpang sakit.

Kondisi ini kerap dialami masyarakat di Pulau Bawean ketika rumah sakit yang terdapat di pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Putri itu tidak mampu memberikan penanganan, baik karena terbatasnya fasilitas atau tenaga medis. (amn)