Mengintip Aktivitas Keturunan Bawean di Malaysia

0
1,060 views
Foto: AOP
Foto: AOP

BeritaGresik.com – Tinggal di tanah rantau dan terlahir sebagai warga negara asing tak lantas membuat anak-anak keturunan masyarakat Bawean di Malaysia melupakan tanah leluhurnya. Mereka aktif dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Bawean.

Melalui perkumpulan yang diberi nama Anak Oreng Phebhien (AOP) atau Anak Orang Bawean, warga negara Malaysia keturunan Bawean tetap melestatikan tradisi Bawean. Mereka juga kerap melakukan kegiatan sosial di Bawean.

Ketua AOP Azroy menuturkan organisasi yang dipimpinnya berdiri sejak lima tahun silam. Sejak berdiri, AOP diakui sudah banyak melakukan beragam kegiatan sosial untuk warga Bawean, utamanya bagi warga yang tak mampu.

Foto: AOP
Foto: AOP

Menurut warga Malaysia asal desa Balik Terus, Kecamatan Sangkapura ini dana bantuan sosial tersebut diperoleh dari iuran anggota AOP. Azroy menyebutkan, saat ini anggota perkumpulan AOP sudah mencapai sekitar 13 ribu orang.

“Sejak lima tahun penubuhan pelbagai aktivi telah kami lakukan demi memperjuangkan dan memartabatkan bangsa Bawean sesuai dengan visi/misi penubuhan AOP,” ujar Azroy kepada beritagresik.com, Minggu (27/3/2016).

Foto: AOP
Foto: AOP

Dia menyebutkan setidaknya ada tiga visi-misi yang diusung AOP, yaitu memartabatkan jati diri Bawean, memelihara adat & tradisi masyarakat Bawean. Terakhir, yakni membangun silaturrahim sesama Bangsa Bawean.

Selain kegiatan sosial, AOP juga gencar melakukan berbagai even kegiatan seperti pertandingan Bowling, sepak bola, festival hadrah dan lainnya. Itu dilakukan guna membangun komunikasi dan silaturrahim di antara mereka.

“Dalam setiap pertemuan anggota harus menggunakan bahasa Bawean, agar mereka tidak lupa dengan bahasa kampung halamannya,” pungkas Azroy. (abr)