Khofifah Tekankan Pentingnya Saring Informasi di Medsos

0
154 views
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

BeritaGresik.com – Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya bagi masyarakat mendapatkan literasi dan edukasi untuk menyaring informasi dari media sosial (medsos).

“Saat ini, penggunaan telepon pintar sudah sedemikian marak sehingga perlu ada pemahaman yang benar untuk memfilter dari berseliweran berbagai informasi di media sosial,” kata Khofifah di Jakarta, dilansir Antara, Sabtu (26/11/2016).

Dia meminta agar masyarakat tabayun atau memverifikasi atau setiap informasi yang didapat dari medsos, sebelum diserap dan disebarkan. Itu dinilai penting agar tidak mengganggu, mendistorsi pemahaman stabilitas bangsa dan negara.

Untuk itu, Ketua Umun Muslimat NU itu mengajak masyarakat menjaga stabilitas negara dari beredarnya berbagai informasi di media sosial yang bisa menimbulkan masalah sosial di tengah masyarakat.

“Pada kondisi tersebut, menjadi penting untuk memberikan literasi dan edukasi kepada masyarakat. Sebab, saat ini sebagian besar warga sudah menggunakan smartphone,” ucapnya.

Melalui literasi dan edukasi yang diberikan, maka informasi dari berbagai peristiwa di belahan bumi manapun dengan dinamika seperti apa pun tidak lagi ditelan mentah-mentah, tapi difilter dengan tabayun.

“Bagaimanapun berseliweran informasi dari media sosial, baik berupa kiriman, beredar berantai dan share tidak lantas terpancing yang bisa menimbulkan reaksi tidak perlu apalagi kontraproduktif,” ujarnya. (ant/as)