Sambari Jamin UMK Gresik Tetap Tinggi

0
4,538 views
Ribuan buruh menggelar demo ke kantor Pemkab Gresik. (Foto: BG/Wan)
Ribuan buruh menggelar demo di kantor Pemkab Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Ribuan massa buruh yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Serikat Pekerja (Sekber SP) Gresik menggelar aksi demo ke Kantor Bupati Gresik. Massa menuntut kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) 2017.

Kedatangan buruh ke kantor Pemkab Gresik disambut langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gresik Mulyanto, Rabu (26/10/2016).

Di hadapan ribuan buruh, Bupati Gresik Sambari menyatakan, jika sejak awal menjabat dirinya berkomitmen untuk memberikan memberi pelayanan kepada warga Gresik, termasuk salah satunya meningkatkan kesejahteraan.

Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya UMK Gresik hingga mencapai Rp 3,04 juta pada 2016. “Saya hitung dan bandingkan dengan daerah lain syukur-syukur sudah makmur,” ucap Sambari.

Ia mengaku sudah memperjuangkan kesejahteraan buruh melalui kenaikan UMK. Bahkan, saat ini, terang Sambari, UMK Kabupaten Gresik tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya.

Sambari menjamin UMK Gresik lebih besar dari upah minimum provinsi (UMP). “Saya tidak mau diberi upah di bawah UMP, jaminannya saya. Masalahnya, UMP belum ada,” jelasnya. (wan)