Buruh Demo ke DPRD Gresik Tolak RPP Pengupahan

0
1,260 views
Buruh Gresik saat mengelar aksi demo, Rabu (21/10) (Foto: Dok. Berita Gresik)
Ribuan buruh Gresik saat mengelar aksi demo pada Rabu (21/10) (Foto: Dok. Berita Gresik)

BeritaGresik.com – Ratusan massa buruh yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia-Konggres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (SPBI- Kasbi) Gresik, menggelar aksi demo di depan Kantor DPRD Gresik. Mereka menolak Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pengupahan.

Dalam kesempatan itu, buruh mengancam akan melakukan aksi mogok kerja jika RPP tentang Pengupahan ditetapkan dan diberlakukan. RPP Pengupahan yang ada dinilai tidak berpihak pada buruh.

“Buruh di Gresik menolak RPP Pengupahan sebab akan menyengsarakan buruh. Dalam RPP kenaikan upah diatur hanya naik 10% setiap tahun,” kata Agus Budiono, Ketua SPBI-Kasbi Gresik, Senin (26/10/2015).

Dalam orasinya, Agus menilai wakil rakyat lebih mendengarkan suara pemodal ketimbang suara buru. Mereka juga mengganggap Pemerintah Republik Indonesia tidak memperhatikan kesejahteran buruh.

“RPP Pengupahan yang baru sangat merugikan buruh. Ini bukti Pemerintah tidak berpihak pada buruh. Kita menyuarakan ke dewan Gresik bahwa negeri ini tidak berpihak rakyat, tapi pada pemodal asing,” ucapnya.

Massa buruh menyampaikan aspirasinya ke DPRD Gresik dengan mengendarai sepeda motor dan mobil untuk sound sistem. Pengunjuk rasa mendapat pengamanan dari Polres Gresik dan Kodim 0817 Gresik. [zr]