Prihatin Nasib Petani, Puluhan Aktivis Demo Pemkab Gresik

0
750 views
Puluhan ktivis HMI dan PMII demo di kantor Pemkab Gresik. (Foto: BG)
Puluhan ktivis HMI dan PMII demo di kantor Pemkab Gresik. (Foto: BG)

BeritaGresik.com – Puluhan aktivis dari Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar demo di kantor Pemkab Gresik, Senin(26/9). Demo ini terkait dengan banaykanya lahan pertanian yang alih fungsi menjadi lahan proyek.

Salah satu orator aksi, Gatot menyatakan, nasib petani di Tanah Air semakin memprihatinkan, karena banyak pertanian gagal. Dalam kondisi seperti itu, justru banyak areal pertanian yang beralih fungsi menjadi lahan proyek dengan alasan untuk kepentingan umum.

Situasi itu diakatakan terjadi lantaran pemerintah asyik dengan kepentingan pribadinya ketimbang kepentingan rakyat. ” Kami minta Sambari (Bupati Gresik) selaku bawahan Jokowi-JK peduli dengan kepentingan rakyat,” ucapnya dikutip bangsa online.

Dalam aksinya, para demonstran mengusung sejumlah poster berisikan tulisan cabut UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Kepentingan Umum. Mereka menuntut dilaksanakan UU Nomor 5 tahun 1960 tentang Pokok-pokok Agraria.

“Hentikan normalisasi saat ini, cabut UU Penanaman Modal Nomor 25 tahun 2007,” tulisnya dalam poster. Para pendemo meminta keberadaan peraturan perundang-undangan tersebut dicabut karena sangat merugikan dan menyengsarkan petani. (zr)