Khofifah Tegaskan Muslimat NU Netral di Pilkada Serentak

0
486 views

BeritaGresik.com – Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indarparawansa, menegaskan bahwa Muslimat NU akan bersikap netral dalam pilkada serentak 9 Desember 2015.

“Kalau ada individu dari Muslimat NU berperan dalam pilkada serentak, maka kami hargai hal itu sebagai hak warga negara, tapi tidak boleh bawa bendera organisasi,” kata Khofifah, Sabtu (26/9).

Kendati secara organisasi Muslimat NU bersikap netral, Khofifah yang juga Menteri Sosial RI itu mengingatkan agar warga dan pengurus Muslimat NU tidak golput dalam pilkada.

“Sebagai pengurus Muslimat NU harus melakukan equi-distance (menjaga jarak yang sama) dengan semua parpol dan semua kandidat alias netral, tapi sebagai individu punya hak politik,” ujarnya.

Menteri Pemberdayaan Era Pemerintahan Gusdur itu menambahkan, bahwa politik lokal hanya diketahui warga pada tingkat lokal dan politik regional juga hanya diketahui warga di tingkat regional.

“Semua itu hak politik sebagai warga negara, tapi organisasi tidak boleh diseret dalam politik praktis, jadi jika berpolitik praktis, maka hal itu atas nama individu, bukan organisasi,” imbuhnya. [as]