Banyak Jamaah Haji Hilang, Kemenag Bentuk Tim Khusus

0
449 views

BeritaGresik.com – Kejadian desak-desakan antar jamaah haji di Mina, Arab Saudi, Kamis (24/9), menyebabkan 717 jemaah meninggal, tiga di antaranya berasal dari Indonesia. Dampak lain dari kejadian nahas itu adalah banyak jamaah haji asal Indonesia yang hingga kini belum ditemukan keberadaannya.

Guna menemukan para jamaah yang hilang, Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk membentuk tim khusus. Tim dibentuk untuk menyisir berbagai lokasi agar bisa menemukan jamaah haji asal Indonesia.

“Kami terus berupaya mencari korban yang akan melempar jumrah dengan menggunakan tim khusus,” ujar Kepala Daerah Kerja Mekkah Arsyad Hidayat saat menggelar jumpa pers di Mekkah, Jumat (25/9), seperti dilansir cnnindonesia.com.

Hingga kini, setidaknya ada 225 WNI yang belum kembali ke tenda perkemahan di Mina. Data itu diambil per pukul 07.00 Waktu Arab saudi. 225 orang tersebut terbagi pada tiga kloter, yaitu kloter BTH, kloter SUB, dan kloter JKS.

“Di kloter BTH 14 ada 14 jemaah, kloter SUB 48 ada 19 jemaah, dan di kloter JKS 61 ada 192 jemaah yang belum kembali. Kemungkinan mereka ada di hotel yang ada di Mekkah,” kata Arsyad.

Selain mengumumkan pembentukan tim untuk menemukan warga negara Indonesia yang hilang, Arsyad juga mengingatkan agar para jamaah haji Indonesia agar untuk mentaati jadwal lempar jumrah yang sudah ditentukan. Itu semua dilakukan agar proses lempar jumrah bisa berjalan dengan tertib. [as/cnn]