Pemerintah dan Warga Gresik Deklarasi NKRI Cinta Papua

Deklarasi Cinta NKRI dan Cinta Papua di halaman Icon Mall Gresik, Jawa Timur, Senin (26/8/2019) pagi. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sejumlah elemen pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Gresik menggelar deklarasi Cinta NKRI. Kegiatan yang diprakarsai Polres Gresik ini dilaksanakan di halaman Icon Mall Gresik, Senin (26/8/2019) pagi.

Tanpak hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim, perwakikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik, anggota Forkopimda Kabupaten Gresik, serta ribuan warga dan para pelajar di Gresik, Jawa Timur.

Event ini juga disertai pembacaan deklarasi NKRI Cinta Papua yang dipandu oleh muda-mudi berpakaian khas Papua.

Ada 4 butir deklarasi yang dibacakan, yaitu kami masyarakat Kabupaten Gresik bersama Forkopimda sepakat untuk, menjamin keamanan seluruh pelajar, pekerja dari daerah Papua.

Kedua, mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan terus meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketiga, menjaga dan mengawal Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI. Terakhir, memperkokoh empat pilar bangsa yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 Menuju Indonesia Maju.

Selain membacakan deklarasi, Qosim beserta Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, Dandim 0817 Gresik Letkol Infanteri Budi Handoko, Ketua MUI KH. Mansyur Shodiq dan nggota DPRD Gresik Asluchul Alif juga memekikkan “We Love Papua”.

Dalam sambutannya, Qosim meminta kepada seluruh masyarakat untuk mempererat persatuan di antara sesama dan menjunjung bhinneka tunggal ika.

“Kami sangat sayang seluruh masyarakat Indonesia darimanapun berasal, kami sangat sayang dan cinta terhadap rakyat Papua, Papua harus kembali aman, damai bersama-sama karena kita Bangsa Indonesia. Semua satu dan punya hak yang sama tidak adalagi diskriminasi,” ucap Qosim.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro meminta kepada semua peserta deklarasi dan masyarakat Gresik pada umumnya untuk saling mencintai.

“Kami semua yang ada di Forkopimda siap menjamin keamanan seluruh masyarakat dari daerah Papua yang ada di Gresik,” ungkap Kapolres sambil mengepalkan tangannya.

Selain membacakan deklarasi, mereka menandatangani deklarasi tersebut. Seluruh peserta diajak menyanyikan beberapa lagu wajib. Bahkan beberapa kelompok yang berpakaian ala masyarakat Papua mengajak untuk menyanyikan lagu daerah Papua Sajojo sambil melakukan tarian massal.

Panitia juga mengajak masyarakat yang hadir untuk melakukan senam bersama yang diiringi beberapa lagu dari Indonesia bagian timur. Bahkan salah seorang pengunjung Icon Mall dari luar negeri tanpak mengikuti gerakan senam sajojo.

Menurut panitia, dalam kegiatan ini pihaknya mengundang sebanyak 1500 orang. Mereka terdiri dari 1000 orang pelajar tingkat SMTA dan 500 orang lainnya adalah masyarakat dari berbagai kalangan, baik dari instansi pemerintah maupun kelompok masyarakat. (sdm/as)

No Response