Begini Cara Kapolres Gresik Pantau Kinerja Anak Buahnya

0
772 views
Acara analisa dan evaluasi (Anev) pelaksanaan tugas Tim Gajah Mada Polres Gresik. (Foto: Sdm)
Acara analisa dan evaluasi (Anev) pelaksanaan tugas Tim Gajah Mada Polres Gresik. (Foto: Sdm)

BeritaGresik.com – Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan punya cara sendiri dalam memantau kinerja anak buahnya. Itu ia tunjukkan pada acara analisa dan evaluasi (Anev) pelaksanaan tugas Tim Gajah Mada Polres Gresik, Jumat (26/8/2016).

Waktu itu, tanpa diduga tiba-tiba AKBP Adex menelpon salah seorang warga Suci, Manyar, Gresik. Percakapan Kapolres sengaja diperdengarkan kepada 250 orang undangan yang hadir memadati ruang Mandala Bakti Praja.

Tanpa menyebut diri sebagai Kapolres, Adex menanyakan beberapa hal tentang kegiatan anggotanya di lapangan. “Bagaimana apa ada anggota polisi yang datang? Apa yang dilakukan polisi saat datang kesana. Ada berapa orang yang datang ?” tanya Adex berurutan.

Tak lama kemudian, warga yang telpon Adex pun menjawab. “Ya, ada Pak, dua orang. Lalu, oleh orang-orang diantarkan ke Pak RT. Selanjutnya, kumpul masyarakat di Balai RW,” papar seorang warga Suci tersebut kepada Kapolres.

Setelah mendengar jawaban seseorang yang ia telpon, AKBP Adex memberikan beberapa petunjuk kepada Ketua Tim IV Gajah Mada yang bertugas di Desa Suci, Kecamatan Manyar, yakni Iptu Sujito.

“Mestinya tidak ke RT atau RW. Anda harus mengunjungi masyarakat satu per satu. Lakukan pendekatan, dengarkan keluhannya. Catat kebutuhannya dan cari permasalahan yang ada di masyarakat setempat,” kata Kapolres.

Dia mengingatkan kepada bawahannya agar jangan merepotkan masyarakat saat bertugas. Kehadiran polisi, terang Adex, harusnya membuat masyarakat merasa nyaman dan terlindungi, bukan merasa takut dan justru melayani polisi.

“Intinya, tugas kalian semua ini jangan malah merepotkan masyarakat. Anda yang datang ke masyarakat dengan mendatangi rumahnya satu per satu. Jangan masyarakat disuruh berkumpul di Balai RT atau Balai RW,” tegasnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyambut baik program (Anev) yang dilakukan oleh jajaran Polres Gresik ke beberapa desa yang terdapat di Wilayah Gresik.

“Ini kegiatan yang inovatif yang dilakukan oleh Kapolres Gresik bersama anak buahnya. Saya hanya bisa menyampaikan terima kasih,” ungkap Sambari. (sdm/as)