Pasangan SQ dan Berkah Mulai Unjuk Kekuatan

0
1,205 views

BeritaGresik.com – Usai ditetapkan sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Gresik, dua dari tiga pasangan yang ada mulai unjuk kekuatan. Kedua pasangan yakni Sambari Halim-Moh. Qosim (SQ) dan Husnul Khuluq-Ahmad Rubaie (Berkah) terlihat sama-sama menggelar kegiatan bertajuk religi.

Secara terpisah, dua kandidat yang akan bertarung dalam pilkada serentak Desember 2015 nanti itu menggelar acara yang sama-sama menghadirkan para kiai beserta tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Gresik.

Pasangan Berkah menggelar Halal Bi Halal tingkat Majelis Wakil Cabang (MWC). Kegiatan tersebut sebagai tindaklanjut di tingkat kecamatan, setelah pertemuan bertajuk sosialisasi Muktamar ke-33 NU di Jombang, akhir pekan lalu.

Informasi yang dihimpun, beberapa tokoh yang hadir di acara itu di antaranya mantan ketua DPC PKB Gresik Achmad Nadir, mantan Bupati Gresik KH. Robbach Ma’sum, serta Ketua Rois Syuriah PCNU Gresik KH Machfud Ma’sum.

Selanjutnya, pada Senin malam lalu, Berkah menggelar kegiatan di Kantor MWC Bungah, Desa Masangan. Hadir dalam kesempatan itu sejumlah unsur badan otonom (banom) NU seperti MWC Bungah, PAC Muslimat, Fatayat, Ansor dan lainnya.

Hadir pula dalam kesempatan itu paslon Berkah bersama Rois Syuriah KH Machfud Ma’sum. “Cabup Husnul Khuluq adalah ketua PCNU. Karena itu wajib dipilih warga NU,” ujar sumber yang keberatan namanya disebutkan menirukan ucapan KH Ali Muhammad, Mustasyar PCNU dalam tausiyahnya.

Sementara itu, kegiatan bertajuk religi juga dilakukan oleh pasangan SQ. Pasangan yang diusung koalisi PKB dan Demokrat itu menggelar ‘Majelis Sholawat dan Doa di Wisma A Yani.

Dari pantauan di lapangan, ribuan jama’ah yang didominasi warga NU dari 16 Kecamatan hadir mengenakan baju dominan warna putih. Hadir dalam kesempatan itu pengurus MWC, Muslimat, Fatayat, Ansor bahkan Ishari.

Selain itu, sejumlah kiai yang hadir di tengah-tengah mereka adalah KH Machfud Ma’sum (Dukun), Rois Syuriah PCNU KH Achmad Bukhori Hadi (Bungah). Lalu, KH M Mansoer Sidiq (ketua MUI Kabupaten Gresik), KH Afif Ma’sum; KH Atiq Ismail, KH Ishaq (Bungah), dan KH Ilman (Ujungpangkah).

Kemudian, Ketua PW Muslimat, Hj Masriroh Wahid, serta Ketua PW Fatayat Hj Hikmah Bafaqih. Terlihat pula Ketua DPC PKB Jazilul Fawaid, Ketua DPW PKB Jawa Timur, H Halim Iskandar, beserta Thoriqul Haq, selaku sekretaris.

Dalam kesempatan itu, Halim Iskandar membeberkan alasan kenapa PKB memberikan rekomendasi kepada calon incumbent, SQ. Berdasar survei yang dilakukan PKB, menurut dia, tingkat popularitas paslon SQ mencapai sekitar 93% dengan elektabilitas sekitar 75%.

Dengan begitu, potensi kemenangan SQ cukup besar. Bahkan sulit tertandingi pesaing lain lainnya. “Artinya, masyarakat Gresik masih banyak yang menghendaki pasangan SQ. Kalau Jazilul nyalon jelas kalah dengan Sambari-Qosim,” ujar kakak kandung ketua DPP PKB, Muhaimin Iskandar itu [wan]