Wartawan Gadungan Gentayangan Minta Uang Lebaran

0
1,263 views
Ketua Komunitas Wartawan Gresik (KWG) Ika AF Hidayat. (Foto: BG/Wan)
Ketua Komunitas Wartawan Gresik (KWG) Ika AF Hidayat. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Menjelang Lebaran Idul Fitri beberapa SKPD di Pemkab Gresik serta perusahaan dan pengusaha dibuat resah sejumlah oknum yang mencatut profesi wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Mereka “bergerilya” ke kantor-kantor, baij pemerintahan maupun perusahaan untuk meminta sangu dan uang bensin. Salah satu staf Pemkab Gresik mengaku sangat terganggu dengan keberadaan oknum LSM dan wartawan gadungan.

“Banyak yang ngaku dari media ini, media itu. Belum lagi ngaku dari LSM ini, LSM itu. Padahal kita tidak tahu siapa mereka, mereka juga tidak pernah terlihat disini,” kata staf yang enggan disebut namanya, Minggu (26/6/2016).

Dia menjelaskan, wartawan gadungan yang datang ke SKPD bukan wartawan yang biasa melakukan peliputan di Pemkab Gresik. Selain itu, ada juga oknum LSM yang jika tidak diberi uang bensin menggertak para pejabat.

“Kita nggak ada yang kenal siapa mereka. Wong datang kebutuhannya bukan untuk wawancara, tetapi malah minta sangu (uang, red),”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Wartawan Gresik (KWG) Ika AF Hidayat mengaku prihatin dengan keberadaan oknum LSM dan wartawan yang dianggap telah mencederai profesi jurnalistik itu. Ika berharap agar pihak kepolisian segera turun tangan.

“Saya sangat prihatin dengan hal ini. Saya berharap kepolisian bisa merespon kejadian yang membuat resah ini,” kata Ika kepada BeritaGresik.com.

Dia meminta kepada siapapun agar tidak takut dengan oknum yang kerjanya hanya meminta uang THR tersebut. Kalau pun sudah dianggap menganggu, dia meminta kepada rekanan maupun SKPD untuk melaporkan kepada polisi.

Sementara Dewan Pers mengeluarkan surat edaran tentang pemberian THR kepada wartawan. Dalam surat itu dikatakan bahwa tidak ada kewajiban bagi siapapun memberi bantuan hari raya kepada wartawan. (wan)