Wabup Perintahkan Camat di Bawean Segera Bikin TPA

0
589 views
Wakil Bupati Gresik Moch. Qosim saat menghadiri Pengajian Akbar di Pulau Bawean, Rabu (25/5/2016). (Foto: BG/Gfr)
Wakil Bupati Gresik Moch. Qosim saat menghadiri Pengajian Akbar di Pulau Bawean, Rabu (25/5/2016). (Foto: BG/Gfr)

BeritaGresik.com – Sampah saat ini menjadi persoalan besar dalam pengembangan Pulau Bawean menjadi tempat wisata. Masalah sampah inu bahkan kerap dikeluhkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke pulau yang ada di Kabupaten Gresik ini.

Ditanya terkait persoalan ini, Wakil Bupati Kabupaten Gresik, Moch. Qosim mengaku sudah mengintruksikan kecamatan yang ada di Pulau Putri, sebutan Pulau Bawean untuk membuat tempat pembuangan akhir (TPA).

“Kami sudah mengintruksikan kepada kecamatan untuk membuat TPA, gak tau Camat Adhim sudah dapat tanah apa belum?” jawabnya di sela-sela acara pengajian akbar yang digelar di Perikanan Sangkapura, Rabu (25/5/2016).

Menurut dia, permasalahan sampah di Pulau Bawean memang harus segera diselesaikan. Jika tidak, maka akan menimbulkan permasalahan baru.

“Setiap orang dalam setiap hari 2 kg sampah yang dibuang, kalau di kalikan jumlah penduduk di dua kecamatan ada 100 ribu jiwa berarti ada 200 ribu kg sampah setiap hari,” terangnya.

Jika sampah tersebut tidak dikelola dengan baik, maka akan menimbulkan persoalan bau, penyakit dan persoalan persoalan lainnya,” ucapnya.

Dikonfirmasi terkait pernyataan Wabub Qasim yang mengintruksikan pembuatan TPA, Camat Sangkapura Abdul Adhim mengaku sudah mencari lahan untuk pembuatan TPA. Mamun, sampai saat ini belum menemukannya.

“Saya sudah berusaha mencari tanah untuk TPA, masih mencari tanah negara, sampai saat ini belum dapat, ada cuma tempatnya di atas puncak gunung, mobil sulit untuk kesana. Kita sudah koordinasi dengan Bappeda untuk pengadaan itu,” jelasnya. (gfr)