Konfercab Ditunda, Banser Amankan Kantor NU Gresik

0
723 views
Foto Gedung NU Gresik
Foto Gedung NU Gresik

BeritaGresik.com – Puluhan anggota Banser bersiaga di Kantor Pengurus NU Cabang Gresik di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Gresik. Pengamanan itu dilakukan seiring terbitnya surat PBNU yang mengimbau agar pelaksanaan Konfercab NU Gresik ditunda.

Seperti diketahui, Konfercab NU Gresik rencananya akan dilaksanakan pada 28 Februari 2016. Namun, langkah itu mendapat penolakan dari 14 MWC NU karena panitia pelaksana dianggap tidak melakukan koordinasi dengan pengurus yang di atas, baik PWNU atau PBNU.

Koordinator Banser Cabang Gresik Anharul Mahfud menjelaskan, pihaknya punya tanggung jawab agar suasana tetap kondusif. “Berdasarkan informasi, MWC yang menolak mau ngeluruk ke kantor cabang, makanya kita siaga 24 jam.” kata Anharul, Jumat (26/02/2016).

Berdasarkan surat yang diterbitkan PBNU tanggal 24 Februari 2016 kemarin, mengintruksikan kepada PCNU Gresik menunda pelaksanaan Konfercab. Mereka juga harus berkoordinasi dengan PWNU dan PBNU terlebih dulu sebelum menyelenggarakan Konfercab 2016.

Dugaan adanya perpecahan di tubuh NU Cabang Gresik muncul karena pihak panitia Konfercab menunjuk 10 calon Ahlul Halli Wal Aqli (AHWA) tanpa sepengetahuan MWC atau ranting di desa. Akibatnya, 14 MWC mengeluarkan pernyataan yang menolak Konfercab.

Chumaidi Ma’un yang mewakili MWC Manyar mengatakan, apabila Konfercab ini tetap dilaksanakan, maka semuanya akan cacat hukum. “Sudah jelas ini tidak sesuai AD/ART penunjukan AHWA, harusnya usulan dari bawah,” singkat mantan anggota DPRD Gresik dari PKB. (wan)