Waspada Gangguan Listrik Saat Musim Mangga di Bawean

0
572 views

 Perusahaan Listrik Perusahaan Listrik Negara/PLN (ilustrasi)

BeritaGresik.com – Jelang musim hujan dan musim buah mangga, warga Bawean nampaknya harus kembali bersiap menghadapi kemungkinan seringnya terjadi pemadaman lampu yang disebabkan gangguan jaringan penyulang PLN.

Kemungkinan itu terjadi lantaran masih banyak kabel penyulang yang belum terbungkus dan rentan terhadap gangguan. Itu juga diakui kepala PLN UPJ Bawean Djoni Aswinarno.

Menurut dia, peluang gangguan kalong atau kelelawar di musim buah mangga sangat besar sehingga berpotensi menyebabkan terjadi pemadaman lampu terutama di malam hari.

“Ada sekitar 60 ribu kilo meter sirkuit kabel penyulang yang masih telanjang atau baru sekitar 25 persen yang menggunakan kabel berbungkus, sehingga potensi gangguan masih banyak,” jelas Djoni, Rabu (25/11/2015).

Djoni mengungkapkan, pihaknya kembali mengajukan pengadaan kabel berbungkus sekitar 25 persen yang dijadwalkan akan dipasang tahun depan. “Kita sudah mengajukan 25 persen lagi kambul berbungkus untul tahun depan,” ungkapnya.

Kendati begitu, menurut Djoni pemasangan kabel berbungkus tidak bisa dilakukan secara serentak karena berkaitan dengan persoalan anggaran. “25 persen itu banyak lho, dan tidak bisa juga kita lakukan secara serentak karena juga menyangkut soal anggaran,” imbuhnya. [abr]