Tak Kunjung Hujan, Gubernur Jatim Ajak Warga Shalat Istisqa

0
345 views
Gubernur Jatim Soekarwo bersama warga saat jalan sehat memperingati HUT ke-70 Jatim di Surabaya, Minggu (25/10) (Foto: Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jatim Soekarwo bersama warga jalan sehat memperingati HUT ke-70 Jatim di Surabaya, Minggu (25/10) (Foto: Humas Jatim)

BeritaGresik.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mengajak masyarakat menggelar shalat sunah Istisqa sebagai bentuk do’a kepada Allah SWT agar segara diturunkan hujan.

“Jangan lupa Shalat Istisqa agar hujan cepat turun di Jatim maupun Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini di sela acara jalan sehat memperingati HUT ke-70 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (25/10/2015).

Dia menjelaskan, kekeringan akibat belum turun hujan berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, seperti pertanian dan kabut asap akibat kebakaran hutan yang terjadi di beberapa wilayah di Tanah Air.

“Semoga dengan segeranya hujan turun maka membuat kabut asap di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan daerah lain yang terdampak bisa segera teratasi,” ucapnya.

Kondisi itu pula yang membuat gubernur selaku kepala daerah memperpanjang status kondisi darurat kekeringan untuk wilayah setempat, dari yang semula 31 Oktober menjadi 1 Desember 2015.

Pakde Karwo mengaku sudah mendapat informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda bahwa awal musim penghujan diperkirakan terjadi pada akhir November. [zr]