Jamaah Haji Asal Indonesia Tersesat di Antara Ratusan Mayat

0
543 views

BeritaGresik.com – Jamaah haji asal Indonesia turut menjadi korban dalam insiden desak-desakan di Mina yang menewaskan ratusan orang. Padahal, jalur tersebut bukan diperuntukkan bagi jamaah Indonesia, melainkan untuk warga negara lain.

Salah seorang jamaah haji, Sriyono Bashier, seperti dilansir CNN Indonesia, Jumat (25/9), mengaku menemukan dan membantu lebih dari 20 jamaah haji asal Purwodadi, Jawa Timur, yang tersesat pasca insiden tersebut.

Sriyono, jemaah haji yang juga pekerja konstruksi di Masjidil Haram mengatakan menemukan para jemaah itu dalam keadaan bingung, putus asa dan kelaparan, setelah sedari pagi terlibat dalam tragedi Mina, terjebak di antara ratusan mayat pasca insiden, dan tersesat kesulitan kembali ke pemondokan mereka.

Sambil menangis, lanjut dia, jamaah haji menceritakan kengerian peristiwa itu. “Mereka cerita sambil menangis, mereka bilang harus berjalan melangkahi ratusan mayat,” kata Sriyono.

Sriyono akhirnya mengantarkan para jamaah ini ke sebuah masjid untuk beristirahat. Dia bersama seorang jamaah muda rombongan itu mencari pemondokan para jamaah yang tersesat lalu mengantarkan mereka pulang.

“Alhamdulillah ketemu. Saya kembali menjemput para jamaah lalu mengantar mereka ke pemondokan,” ujar Sriyono.

Sebanyak 717 orang tewas dalam peristiwa desak-desakan di jalan 204 menuju lokasi melempar jumroh, sedang lebih dari 800 lainnya terluka. Tiga orang jemaah Indonesia tewas. [zr/cnn]