‘Harun Thohir’ Disiapkan Jadi Nama Bandara Bawean

0
1,232 views

BeritaGresik.com – Bandara atau lapangan terbang (lapter) di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, rencananya akan diberi nama Bandara Harun Thohir. Nama itu diambil dari salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Pulau Bawean.

“Lapangan Terbang Bawean akan kita beri nama Bandara Harun Thohir, ini sebagai penghargaan kami kepada jasa-jasa pahlawan, sekaligus mengingkatkan kontribusinya kepada Pulau Bawean,” kata Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, Jumat (25/9).

Sebelumnya, terang Qosim, Pemkab Gresik juga telah memberi dan mengubah beberapa nama jalan di wilayah setempat dengan sejumlah nama Wali Songo sebagai penyebar agama Islam di wilayah Nusantara.

“Tujuan pemberian nama pahlawan dan Wali Songo untuk mengingatkan jasa-jasa pahlawan, sekaligus menambah kesan religius terhadap keberadaan Kabupaten Gresik yang dikenal sebagai “Kota Santri”.

Menanggapi perubahan nama tersebut, Kepala Layanan Bandara Bawean, Dwi Pudji Santoso mengaku belum mengetahui rencana itu, sebab sesuai dengan catatan di Kementerian Perhubungan masih menggunakan nama Lapangan Terbang Bawean.

“Kita belum tahu, dan di Kementerian Perhubungan namanya masih Lapangan Terbang Bawean,” imbuhnya. [as]