KASBI Tuntut PT Petrokimia Pekerjakan 183 Buruh Outsourching yang Dirumahkan

0
2,851 views
KASBI akai demo di PT Petrokimia Gresik.
KASBI akai demo di PT Petrokimia Gresik.

BeritaGresik.com – Ratusan massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Gresik menggelar aksi demonstrasi ke PT. Petrokimia Gresik, Kamis (25/8/2016).

Dalam aksinya, mereka menuntut agar pekerja yang dirumahkan dipekerjakan kembali. Koordinator KASBI, Agus mengatakan, terdapat sekitar 183 buruh PT Petrokimia Gresik yang dirumahkan.

“Kami minta pihak Petrokimia Gresik memperkerjakan kembali kawan-kawan kami yang tidak jelas statusnya. Mereka tidak di PHK juga tidak dipekerjakan, mereka tidak mendapatkan gaji, tapi Jamsostek mereka dibayar,” kata Agus.

Para pengunjuk rasa berorasi di jalan tridarma gresik. Mereka tidak bisa mendekat sampai ke gedung Petrokimia karena di blokade oleh petugas.

Sementara itu, pihak manajemen PT. Petrokimia Gresik menilai tuntutan itu salah alamat. Menurutnya, tuntutan itu disampaikan kepada pihak perusahaan outsourching yang telah mempekerjakan mereka.

“Seharusnya mereka menuntut ke perusahaan yang memperkerjakan bukan ke Petrokimia” Ujar Yusuf Wibisono Manager Humas Petrokimia Gresik.

Setelah keinginan KASBI bertemu dengan pihak Petrokimia tidak terpenuhi, massa buruh membubarkan diri. Mereka mengancam akan mengerahkan massa yang lebih besar. (as)