2,5 Juta Penduduk Jatim Belum Rekam Data E-KTP

0
801 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresik.com – Sekitar 2,5 juta warga atau aekitar 9% dari total 31 juta penduduk yang tinggal di Jawa Timur (Jatim) belum melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

“Kalau dihitung angkanya 9% dari total penduduk belum merekam E-KTP,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur Sukardo dilansir Antara Jatim, Kamis (25/8/2016).

Menurut dia, angka tersebut diketahui dari data terakhir pada pertengahan Agustus 2016 lalu. Pihaknya menargetkan seluruh penduduk Jatim yang terekam E-KTP mencapai 100% pada akhir September mendatang.

Berdasarkan data yang ada, jumlah warga terbanyak yang belum melakukan perekaman E-KTP adalah warga asal Surabaya, Malang, Jember, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan dan Mojokerto.

Mayoritas warga yang belum terekam karena bekerja di luar kota. Untuk itu, Disnakertransduk Jatim meminta Dispenduk Capil di seluruh daerah untuk melakukan jemput bola dengan cara mendatangi warga yang belum terekam E-KTP.

“Mobil-mobil petugas keliling disiapkan untuk membantu warga yang ingin belum melakukan perekaman sehingga sesuai target akan terealisasi,” ujarnya. (as)