Dewan Desak Pemkab Siapkan Lahan TPA Baru

0
289 views
TPA sampah di Gresik
TPA sampah di Gresik

BeritaGresik com – Komisi C DPRD Gresik mensesak pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik untuk menyiapkan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah baru. TPA yang lama dinilai sudah tidak mampu menampung volume sampah.

“Sejak beberapa waktu lalu kami sudah meminta BLH untuk membangun TPA, tapi tak kunjung terealisasi. Sekarang ini kami sudah tidak mau dengar alasan lagi, kalau sudah ada lahan harus segera dibebaskan,” kata anggota Komisi C DPRD Gresik Edi, Senin (25/7/2016).

Menurut Edi, masalah sampah merupakan salah satu problem utama di Gresik. Selama lahan TPA tidak disiapkan, persoalan pelik itu diyakini tidak akan dapat terselesaikan.

‚ÄúPemerintah harus punya lahan sendiri, kalau tidak masalah sampah tidak akan terselesaikan, sebab saat ini masih menggunakan lahan milik swasta,” ucapnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Gresik Sumarno mengakui jika volume sampah warga terus meningkat. Untuk itu dibutuhkan lahan sekitar 25 hektar untuk membangun TPA untuk mengatasi masalah sampah tersebut.

Selama ini, terang Sumarno, sampah Gresik dikirim ke TPA milik PT Semen Gresik yang berada di Kelurahan Ngipik, Kebomas dengan luas hanya 6 hektar.

“Sekarang ini, volume sampah di Gresik mencapai 600 ton per hari, dan itu jauh meningkat dibanding beberapa tahun lalu yang hanya pada kisaran 210 ton per hari,” jelasnya.

Karena itu, Gresik membutuhkan TPA baru. Saat ini BLH dikatakan sedang mencari lahan sekitar 20-25 hektar untuk membangunnya.

“Anggaran untuk perencanaan pembangunan sudah disiapkan melalui Perubahan Anggaran Keuangan akhir tahun ini,” imbuhnya. (ant/zr)