Desa Randuagung Raih Penghargaan Desa Bersih dan Sehat

0
466 views
Desa Randuagung menyabet penghargaan Desa bersih dan sehat. (Foto: Istimewah)
Desa Randuagung menyabet penghargaan Desa bersih dan sehat. (Foto: Istimewah)

BeritaGresik.com – Desa Randuagung Kecamatan Kebomas meraih penghargaan terbaik tingkat Jawa Timur dalam ajang lomba desa bersih dan sehat. Selain bersih, Randuagung juga dikenal sebagai desa yang inovatif.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ketua Tim penggerak PKK Gresik Maria Ulfah Sambari H.R dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada acara Hari Keluarga Nasional XXIII yang di pusatkan di Lamongan.

Maria Ulfah menjelaskan, terpilihnya Desa Randuagung sebagai juara I pada Lomba Desa Bersih dan Sehat tidak terlepas dari adanya sejumlah inovasi yang dilakukan. Hal itu didukung tingkat partisipasi warga yang sangat tinggi.

Inovasi atau program unggulan yang dilakukan di Randuagung meliputi Intalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), toga, ternak lele, serta adanya bank sampah yang dilengkapi dengan mesin cacah.

Pada bank sampah tersebut, setiap warga memiliki buku simpanan hasil penjualan sampah. Lalu, ada juga pembuatan barang-barang, seperti tas yang terbuat dari daur ulang.

Kepala Badan Keluarga Berencana dan pemberdayaan Perempuan (KB dan PP) Kabupaten Gresik Adi Yumanto mengatakan, penghargaan tersebut merupakan program kesatuan gerak PKK dan KB kesehatan bidang lingkungan sehat dan bersih.

Di samping itu, Randuagung termasuk desa yang berhasil dalam program Keluarga Berencana (KB), sehingga tim penilai dari Jawa Timur sepakat jika Desa Randuagung layak menjadi desa dengan lingkungan bersih dan sehat. (as/dwi)