Tiket Kapal ke Bawean Mulai Diburu Pemudik

0
465 views
Suasana di loket penjualan tiket kapal Express Bahari di Jalan Pahlawan Gresik. (Foto: BG/Wan)
Suasana di loket penjualan tiket kapal Express Bahari di Jalan Pahlawan Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Puncak arus mudik memang masih sekitar sepekan lagi, tapi warga sudah mulai menyerbu loket penjualan tiket. Mereka bahkan rela antre dari sejak pagi biar kebagian tiket.

Kedatangan mereka secara bersamaan membuat antrean panjang. Warga rela berdesak-desakan, bahkan tak jarang saling dorong demi mendapat tiket kapal penyeberangan Gresik-Pulau Bawean.

Hal itu terjadi di loket penjualan tiket kapal Express Bahari di Jalan Pahlawan Gresik, Sabtu (25/6/2016). Saking riuhnya, meja dan kursi kantor sampai berantakan lantaran tergeser warga yang berebut untuk membeli tiket.

(Foto: BG/Wan)
(Foto: BG/Wan)

Saking banyaknya pembeli, dalam waktu dua jam saja tiket untuk jadwal berlayar 26 Juni, 28 Juni dan 30 Juni ludes terjual. Lantaran masih banyak yang belum kebagian tiket, mereka pun sempat bersitegang dengan petugas loket.

“Sudah antre sejak pukul 08.00 WIB, tapi tidak mendapatkan tiket. Kalau tidak dapat berarti tahun ini gak bisa mudik,” keluh Intan, calon penumpang asal Kecamatan Tambak, Kamis siang.

Sementara Suyanto, calon penumpang yang ikur ngantre bernasib lebih baik. Setelah beberapa jam mengantre, dia mendapatkan tiket mudik ke Bawean. “Untungnya dapat tiket, jadi tidak sia-sia ikut berdesak-desakan,” katanya.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Cabang PT SIM Express Bahari, Reven Syahputra mengatakan, antrean panjang terjadi karena para calon penumpang mencari tiket di hari yang bersamaan.

Menurut dia, seluruh calon penumpang kapal akan dilayani dulu sesuai kapasitas dan jadwal penyeberangan. “Jika masih kurang, akan dimasukkan ke jadwal berikutnya,” terangnya.

Ditegaskan, izin dari dinas perhubungan sudah tidak ada masalah. Kapal Expres Bahari dari Gresik ke Bawean dijadwalkan masih ada 10 keberangkatan hingga 5 Juli jelang Lebaran.

Jadwal keberangkatan ini ditambah yang sebelumnya hanya tiga kali seminggu menjadi setiap hari berangkat atau tujuh kali seminggu.

Sementara Kepala Dishub Gresik Andhy Hendro Wijaya mengaku sudah memantau langsung kondisi lonjakan penumpang tujuan Bawean. Pihaknya memberi izin kepada Ekspres Bahari untuk berlayar setiap hari.

“Hal ini kami lakukan untuk menjamin seluruh warga Bawean agar tetap bisa mudik pada lebaran tahun ini,” tandasnya. (wan)