49 Desa di Gresik Gelar Pilkades Serentak Agustus 2015

0
754 views

BeritaGresik.com – Sebanyak 49 desa di Kabupaten Gresik bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 9 Agustus mendatang. Seluruh elemen terkait diminta agar memperhatikan sejumlah tahapan pelaksanaan Pilkades.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk 49 desa dalam rencana di APBD. Namun, dalam perjalanan waktu, ternyata ada tambahan dua desa lagi yang ikut Pilkades serentak.

“Kami masih akan koordinasikan keadaan ini kepada semua elemen termasuk ke Jakarta agar penambahan desa dalam pelaksanaan Pilkades ini tidak melanggar aturan,” kata Sambari, Rabu (24/6).

Sementara terkait pelaksanaan pilkades serentak, Sambari mengaku telah menerbitkan Perbup Nomor 23/2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomer 12/2015 tentang Pedoman Pencalonan Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Sesuai dengan Perbup, tahapan pilkades dimulai pada bulan Juni 2015. Selanjutnya, tahapan persiapan pada Juli 2015. Sedangkan tahap pencalonan dan pelaksanaan dimulai sejak Juli hingga Agustus.

Untuk itu, Sambari mengingatkan agar seluruh pihak terkait memperhatikan sejumlah tahapan tersebut. Dia juga mengingatkan agar panitian tidak biaya kepada masyarakat maupun calon yang ada.

“Panitia dilarang memungut biaya kepada masyarakat termasuk kepada calon. Semuanya dibiayai APBD, dan pikades serentak ini harus tuntas pada Agustus 2015,” pungkasnya. [as]