Presiden Jokowi Teken Perppu Hukuman Kebiri

0
242 views
Presiden Joko Widodo saat jumpa pers
Presiden Joko Widodo saat jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/5/2016)

BeritaGresik.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani atau menrken Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1/2016 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 23/2002 tentang Perlindungan Anak.

Perppu ini mengatur hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak. Diterbitkannya Perppu ini untuk menjawab kegelisahan masyarakat soal maraknya kejahatan seksual pada anak belakangan ini.

“Perppu ini untuk mengatasi kegentingan yang diakibatkan kekerasan seksual terhadap anak yang semakin meningkat signifikan,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Menurut Jokowi, kejahatan seksual anak merupakan kejahatan luar biasa karena mengancam dan membahayakan jiwa serta tumbuh kembang anak. Selain itu, juga mengganggu rasa kenyamanan, keamanan, dan ketertiban masyarakat.

“Penanganan kejahatan seksual pada anak harus dengan cara luar biasa,” ujar Jokowi.

Sanksi yang diatur berupa kebiri secara kimiawi serta pemasangan alat deteksi elektronik (chip), sehingga pergerakan pelaku bisa dideteksi setelah keluar dari penjara.

Hukuman juga diperberat menjadi hukuman mati, hukuman seumur hidup, maksimal 20 tahun dan minimal 10 tahun penjara.

“Penambahan pasal di perppu ini untuk memberi ruang hakim memberikan hukuman seberat-beratnya. Kami berharap hadirnya perppu ini memberikan efek jera kepada pelaku,” kata Jokowi. (as)