Forum Penyelamat NU Gresik Tolak Pelaksanaan Konfercab

0
696 views
M Faizin, Koordinator Forum Penyelamat NU Cabang Gresik. (Foto: BG/Wan)
M Faizin, Koordinator Forum Penyelamat NU Cabang Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Polemik tentang pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) NU Gresik kembali memanas. Setelah perwakilan barisan muda NU Cabang Gresik, kali ini penolakan muncul dari forum yang menyebut sebagai penyelamat NU Gresik.

Kelompok itu terdiri dari perwakilan 14 Majelis Wakil Cabang (MWC) seluruh Kabupaten Gresik, serta empat Badan Otonom (Banom) NU, yaitu PC GP Ansor, Banser, Fatayat dan Muslimat. Mereka menolak konfercab yang rencananya digelar Minggu (28/2/2016) nanti, karena dianggap telah menyalahi AD/ART.

Tidak hanya menolak rencana digelar Konfercab, forum yang dikoordinatori oleh mantan Ketua Panwaslih Gresik, M. Faizin ini juga menolak pemilihan syuriah dengan sistem Ahlul Halli wal Aqdi (ahwa) atau perwakilan yang hanya dibatasi 10 orang.

M. Faizin mengatakan, masa periodesasi PCNU Gresik berakhir per 27 Desember tahun lalu, sehingga terjadi kekosongan struktural. “Maka, seharusnya PBNU mengambil alih segala kegiatan di PCNU Gresik,” kata Faizin, di sela rapat koordinasi forum penyelamat NU, Kamis (25/2/2016).

Karena terjadi kekosongan struktural, PBNU seharusnya menutut Faizin menunjuk wilayah untuk menindaklanjuti kondisi di Kabupaten Gresik. “Jadi, kami mengingatkan agar PBNU menindaklanjuti kondisi yang sedang terjadi di PCNU Gresik,” ujarnya.(wan).