Tragedi Mina, Kemenag Cari Tahu Kondisi Jamaah Indonesia

0
431 views

BeritaGresik.com – Kasubag Informasi Kementerian Agama RI, Affan Rangkuti, mengatakan pihaknya masih mencari tahu apakah ada jamaah haji Indonesia yang menjadi korban dalam tragedi di Mina.

“Kondisi jamaah kita ikut atau enggak, kita belum tahu. Saya masih cari info apakah ada dari 150 yang meninggal itu dari Indonesia,” kata Affan, Kamis (24/9).

Namun menurut Affan, saat terjadinya tragedi Mina, jamaah haji asal Indonesia belum akan mengikuti lontar jumrah. Sebab, menurut jadwal lontar jumrah jamaah haji Indonesia baru dimulai pada pukul 22.00 WIB.

“Menurut jadwal kita, jamaah Indonesia baru nanti malam masuk, karena mereka kan harus istirahat dulu, tapi kami enggak tahu kalau ada yang bergerak di luar jadwal,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 220 jamaah haji meninggal dunia akibat terinjak saat puncak haji. Juru bicara Saudi Arabia memastikan, inisiden itu terjadi di dekat kota Makkah. Selain itu, 400 jamaah lainnya terluka akibat insiden yang terjadi di Mina atau 5 kilometer dari Makkah. [as]